Inilah 5 Jeram Di Lombok Yang Paling Indah Dan Keren - Aneka Wisata Indonesia

Sabtu, 10 Agustus 2019

Inilah 5 Jeram Di Lombok Yang Paling Indah Dan Keren

Air Terjun Di Lombok - Pulau Lombok tidak hanya populer akan pantainya yang eksotis. Lombok juga punya wisata penderasan yang sangat indah dan mempesona. Nah, pada kesempatan ini akan membuatkan gosip penderasan yang super keren dan cantik. Pas banget buat hunting foto dan refreshing. Kelima penderasan ini tentunya tak kalah indah dengan Gili Trawangan yang sudah sangat tersohor itu.

Air Terjun Di Lombok Yang Paling Indah Dan Keren

1. Air Terjun Tiu Kelep

 Pulau Lombok tidak hanya populer akan pantainya yang eksotis 5 Air Terjun Di Lombok Yang Paling Indah Dan Keren

Air terjun Tiu Kelep mempunyai ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat. Airnya cukup deras dan besar. Namun kolam yang berada di bawahnya tidak begitu dalam, hanya sepinggang orang dewasa. Dasar kolam lembut, sehingga memudahkan pengunjung untuk berenang. Air terjun Tiu Kelep masuk dalam daftar tempat wisata di Lombok yang sangat indah.

Dalam bahasa Sasak “Kelep” bermakna “terbang”. Sehingga nama ini ingin menggambarkan kondisi penderasan yang buih-buih airnya berterbangan di kolam. Air terjun Tiu Kelep berjarak kurang lebih 60 km dari Mataram. Tepatnya berada di Desa Senaru, sekitar 15 menit dari penderasan Sendang Gile.


2. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile merupakan salah satu objek wisata di Lombok yang paling populer diantara penderasan yang lainnya. Air terjun ini mempunyai tinggi sekitar 35 meter. Airnya yang jernih dan hirau taacuh menciptakan wisatawan selalu menghabiskan waktu untuk mandi dan bermain di sungai yang menampung limpahan air dari bukit.

Keindahan Sendang Gile didukung dengan aneka pohon dan flora yang berjajar di sepanjang mata memandang. Lokasi penderasan ini tidaklah terlalu jauh, Anda hanya akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit dari jalur treking menuju Gunung Rinjani. Jalanan menuju penderasan sudah ditata demikian rupa sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kesasar.

2. Air Terjun Benang Kelambu

Lokasi penderasan yang satu ini berada di Benang Stokel, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Wisata alam penderasan ini berada di kaki Gunung Agung, sempurna di tengah-tengah Pulau Lombok. Air Terjun Benang Kelambu terletak sekitar 32 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 1 jam perjalanan.

Anda sanggup menempuh jalur Mataram-Narmada-Sedau-Pancor Dau-Teratak-Desa Aik Berik. Disarankan semoga Anda bertanya pada penduduk setempat mengenai lokasi penderasan ini. Karena hanya ada satu tanda jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu. Atau Anda juga sanggup menanyakan pada petugas hotel atau biro tur.

Pada penderasan ini, air seperti keluar dari rimbunan tumbuhan. Sebenarnya penderasan ini berasal dari banyak mata air, yang keluar pribadi melalui celah-celah di sepanjang tebing. Namun sebab tebingnya tertutup dengan flora yang tumbuh subur, terlihat seakan air keluar dari rimbunan flora tersebut.

Air terjun ini dinamai Air Terjun Benang Kelambu sebab terjunan airnya yang berbentuk menyerupai kelambu. Air terjun ini mempunyai 3 tingkat. Tingkat yang paling atas berasal pribadi dari mata air, dan mempunyai ketinggian sekitar 30 Meter. Tingkat yang kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama, dengan ketinggian sekitar 10 Meter. Tingkat yang ketiga mempunyai ketinggian hanya 5 Meter.

4. Air Terjun Tiu Teja

Air terjun Kembar Tiu Teja terletak di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter yang tersembunyi di belantar hutan Gunung Rinjani yang masih alami dan asri ini, berdasarkan para wisatawan yang pernah berkunjung, panorama keindahannya bahkan mengalahkan penderasan lain yang sudah berkembang sebagai destinasi wisata lebih dulu.

Kalau penderasan lain, air yang meluncur turun biasanya tunggal (satu), atau lebar jikalau sumber air yang mengalir deras. Maka penderasan Tiu Teja mempunyai dua mata penderasan yang meluncur secara berdampingan. Indahnya lagi, ketika menerima sinar matahari, sewaktu waktu akan muncul sinar pelangi diantara bias titik-titik air yang meluncur.

Dari Kota Mataram, penderasan Tiu Teja berjarak sekitar 60Km, atau sekitar 2 jam perjalanan memakai kendaraan bermotor. Karena jalur menuju lokasi penderasan dari jalan utama desa masih melintasi kebun dan hutan yang lebat sejauh 2 KM, saran kepada pengunjung semoga memakai kendaraan sepeda motor saja. Bisa memakai mobil, tapi hanya sanggup hingga di pintu gerbang di pinggiran jalan desa. Untuk menuju lokasi selanjutnya sanggup menyewa jasa tukang ojek.

5. Air Terjun Sekeper

Air Terjun Sekeper termasuk salah satu tempat wisata di Lombok yang terkenal dan wajib dikunjungi bagi pecinta trekking semi ekstrim. Kenapa semi ekstrim? Hal ini sebab Air Terjun Sekeper merupakan penderasan tertinggi di Lombok yang eksotis dan perlu usaha keras untuk hingga ke lokasinya. Ketinggiannya sekitar 113 meter. Tinggi banget bukan? Melebihi penderasan di Lombok yang lainnya.

Butuh sekitar empat jam perjalanan untuk sanggup menginjakkan kaki di penderasan sekeper ini jikalau kita berangkat dari arah mataram memakai sepeda motor. Melewati rute mataram – pusuk – santong akan memakan waktu sekitar dua jam.

Anda sanggup memarkir kendaraan anda di depan gerbang masuk tiu teja tentunya sesudah anda membayar tiket masuk yang tergolong murah sebesar Rp. 3000/orang dan  retribusi parkir sejumlah Rp. 5.000/ kendaraan di gerbang utama. sesudah memastikan kendaraan anda dalam keadaan aman, maka inilah saatnya menyiapkan diri untuk memulai petualangan.

Di awal perjalanan Anda akan melewati hutan yang banyak ditumbuhi kopi liar, kebun kakao, dan lainnya. Sobat traveler juga akan menemukan sebuah jembatan kayu renta yang sudah lapuk. Untuk alasan keamanan, tidak dianjurkan Anda untuk berjalan diatasnya. Lebih baik sahabat traveler berjalan melintasi sungai lewat bawah jembatan.

Selama perjalanan Anda akan menerobos rimba, menjejakkan ribuan langkah kaki di atas jalan setapak yang sangat sempit, terjal, dan tentunya licin. tetaplah waspada dan hati-hati sebab di samping kanan anda yakni jurang yang siap mengakhiri cerita anda. haha..

Anda juga perlu meragukan sebuah tumbuhan liar berjulukan jelateng. Bagian yang berbahaya dari jelateng ini yakni daunnya yang sanggup menciptakan kulit menjadi gatal dan terbakar selama dua hari. Jadi,  sebisa mungkin untuk menghindari kontak dari dedaunan di sepanjang rute.

Ketika usaha telah berakhir, saatnya memanjakan mata sahabat traveler dengan panorama yang keren banget. Aliran sungainya mempunyai air yang jernih sekali, tak ada sampah sedikitpun. Airnya hirau taacuh dan menyegarkan. Kelelahan selama dua jam jalan kaki akan hilang seketika. Nah, itu beliau sekilas gosip perihal wisata penderasan di Lombok yang paling indah, semoga bermanfaat.
Comments


EmoticonEmoticon