-->

20 Tempat Wisata Yang Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Tempat Wisata Di Klaten - www.anekawisataindonesia.com | Ini adalah daftar tempat wisata di Klaten, Jawa Tengah adalah yang terbaik dan layak untuk dikunjungi. Dari awal alam, rekreasi keluarga, tempat liburan anak, wisata air, wisata terbaru, kuliner Klaten sampai ada semua di sini.

Sebagai daerah yang terletak antara Yogyakarta dan Solo, Klaten City memiliki lokasi yang strategis sebagai tempat transit bagi wisatawan. Meskipun termasuk kota-kota kecil, Klaten memiliki banyak atraksi yang layak untuk dikunjungi.

Akomodasi di Klaten, wilayah Jawa Tengah termasuk lengkap, mulai dari hotel / penginapan, transportasi, restoran, dan jalan yang baik disediakan semua di sini. Sama deh Yogyakarta dan Solo. Nah, bagi yang ingin mencoba mengeksplorasi pariwisata Klaten,

telah menyiapkan daftar. Mari kita mempertimbangkan rekomendasi keren dan menarik tempat wisata di daerah sekitarnya dari Klaten dan di bawah ini!

Daftar Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah Yang Bagus, Menarik, Dan Wajib Dikunjungi

1. Umbul Ponggok Klaten

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

wisata air di Klaten yang satu ini benar-benar cocok untuk anda yang ingin merasakan menyelam (diving) sebelum benar-benar terjun ke laut. Klaten Ponggok umbul bisa menjadi latihan diving atau snorkeling. kolam alami dengan kedalaman antara satu dan tiga meter sering dikunjungi oleh wisatawan untuk melaksanakan snorkeling dan gambar bawah air. Jadi sangat sayang jika Anda tidak mendokumentasikannya melalui gambar.

Karena, ada adegan bawah air dalam bentuk batu alam dikombinasikan dengan warna berbagai jenis ikan. Dalam kolam ini ada ikan air tawar dan basis kolam pasir, sehingga wisatawan bisa snorkeling sambil menonton ikan berwarna-warni di sini.

Panji Ponggok Ponggok yang terletak di Desa, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Tempat wisata di Klaten Ponggok Panji adalah kolam besar berukuran 6000 meter persegi yang juga memanfaatkan mata air sehingga air cukup jelas.

2. Mata Air Cokro (OMAC) / Umbul Cokro Tulung

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Sebuah tempat wisata yang bagus di Klaten area seluas 10 hektar saling kerjasama dijuluki Wisata Mata Air Chakra (OMAC). Namun, lebih dikenal sebagai alasan Panji Clark Tulung Clark terletak di Desa, Kecamatan, Tulung, Klaten.

Di sini ada semacam kolam renang atau taman air dengan banyak permainan, tetapi juga disediakan kolam renang alami yang berasal dari mata air murni. Air di objek wisata ini alasan yang jelas dan segar eksklusif dari musim semi Chakra.

Tidak hanya itu, perjalanan Clark Klaten juga menyajikan kendaraan lain, menyerupai waterboom, kolam renang aliran slinder, goyang jembatan, dan flying fox. Cocok untuk anak-anak dan liburan keluarga tempat di Klaten.

3. Museum Gula Jawa Tengah

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah


Museum Gula di Jawa Tengah, termasuk salah satu pemandangan anak-anak dan keluarga di Klaten. Atraksi ini dikenal sebagai Museum Gula Gula Museum Gondang Winangoen atau Klaten. Ini adalah alasan bahwa museum ini terletak di gondang Gula winangoen PTPN IX. Lokasinya terletak di Jalan Raya Yogyakarta-Solo Km. 25, Klaten - Jawa Tengah.

Karena museum, maka pada saat ini ada banyak banyak jenis artefak yang terkait dengan industri gula dan perkembangannya. Beberapa koleksi Museum Gula Jawa Tengah, peralatan yang tidak digunakan mesin penggilingan, lokomotif mengangkut tebu zaman kuno, maket pabrik gula, berbagai jenis tebu dll

Selain museum, di kompleks pabrik gula Gondang Baru juga memiliki agrowisata acara wisata keluarga yang menarik serta tempat istirahat dan kopi Banaran Cafe. Bagi Anda yang lewat di jalan Yogya Solo bisa mampir di sini hanya bersantai dan menikmati secangkir kopi atau teh.

4. Candi Prambanan

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Secara geografis, Candi Prambanan memang termasuk wilayah Sleman, D.I. Yogyakarta. Namun, alasannya yaitu lokasinya terletak di perbatasan Kabupaten Klaten dan Provinsi Yogyakarta, maka candi ini populer juga sebagai salah satu tempat wisata yang bagus di Klaten Jawa tengah.

Candi Prambanan sanggup dikatakan sebuah objek wisata yang sudah mendunia. Tempat ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan asing. Tak salah jikalau Candi Prambanan masuk dalam daftar tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi.

Candi Prambanan merupakan mahakarya kebudayaan Hindu dari kala ke-9 yang mempunyai ketinggian bangunan sekitar 47 meter. Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan Candi Hindu tercantik didunia dan juga Candi Hindu terbesar di Indonesia. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk Candi Prambanan sekitar Rp. 20.000,-/orang.

5. Air Terjun Luweng Sampang

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Luweng Sampang termasuk tempat wisata teladas di Klaten yang eksotis dan indah. Bahkan ada yang menyebutnya menyerupai Grand Canyon. Lokasi dan alamat teladas ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Klaten dan Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk lokasi tepatnya ada di di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Namun berbatasan eksklusif dengan Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Oleh alasannya yaitu itu, teladas ini dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Luweng Sampang Gantiwarno.

Luweng Sampang merupakan sebuah teladas yang mempunyai bentuk dan ornamen unik hasil abrasi air sungai yang terlihat terang melukis tubuh sungai yang berupa batu. Air terjun kecil tampak dari celah yang membelah kerikil sehingga membentuk gua atau luweng. Hal tersebut yang mengakibatkan teladas ini disebut Luweng Sampang.

6. Curug Bayat / Curug Indah Tegal Rejo

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Secara administratif. Curug Indah Tegalrejo ini gotong royong terletak di Tegalrejo, ujung timur Gunung Kidul, Yogyakarta. Tapi, masyarakat setempat juga menyebutnya Curug Bayat, alasannya yaitu lokasinya yang berbatasan dengan daerah Bayat, Klaten.

Untuk susukan menuju ke tempat ini, memang jauh lebih cepat jikalau Anda melewati Klaten kemudian belok ke selatan menuju Bayat. Dari Yogyakarta, Anda sanggup hingga ke Curug Indah Tegalrejo dalam jangka waktu 1 jam, dengan menggunakan motor atau mobil.

Curug atau teladas ini termasuk tempat wisata alam di Klaten yang masih jarang dikunjungi. Air terjun ini terdiri dari beberapa curug yang bertingkat dan dinaungi pepohonan hijau di kanan kirinya.

Kalau Anda punya nyali, sanggup mencoba terjun dari atas tebing ke curug di bawahnya. Tapi hati-hati, alasannya yaitu curugnya cukup dangkal. Salah-salah Anda malah sanggup cidera ketika berlibur.

Untuk tiba ke curug ini, Anda hanya dipungut biaya parkir yang dikelola oleh warga sekitar. Di Curug Indah Tegalrejo suasana asri khas pedesaan akan terasa sangat kental. Anda tidak akan sering bertemu sesama wisatawan di sini.

Justru warga sekitar dan belum dewasa sekolah yang sengaja mampir untuk menyegarkan tubuh dengan air dari sumber mata air murni lah yang lebih sering Anda jumpai. Damai, tenang, dan tradisional. Begitulah citra Curug Indah Tegalrejo.

7. Deles Indah Klaten

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Deles Indah Klaten terletak di kaki Gunung Merapi ke timur. Tepatnya di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang. wisata alam di Klaten ini menunjukkan pandangan dari puncak Gunung Merapi yang legendaris dan indah. Harga tiket masuk cukup murah sekitar kurang dari 5 ribu rupiah.

Potensi pariwisata kerja sama Deles Indah sangat melimpah. Kita tidak hanya bisa menikmati suasana alam pegunungan dengan pemandangan hijau. Ada beberapa peninggalan sejarah dapat ditemukan di Deles Indah termasuk mantan Pasanggrahan Pakubuwana X, Makam Kyai Mlayopati, musim semi Kali Reno, serta Gua Sapuangin.

8. Kawasan Janti

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Nah, kalau objek wisata di Klaten yang satu ini cocok buat traveler yang hoby mancing dan masakan olahan ikan air tawar. Janti merupakan sebuah desa yang berada di kecamatan Polanharjo. Desa ini populer dengan area pemancingannya.

Lokasi desa Janti tidak terlalu jauh dari Umbul Ponggok. Memasuki desa Janti kita akan menjumpai banyak pemancingan yang biasanya menjadi satu dengan resto. Saat hari libur tempat Janti banyak dikunjungi oleh masyarakat dari Kota Solo dan sekitarnya, Jogja bahkan Semarang.

Area persawahan yang luas juga menciptakan tempat ini terasa sangat damai. Di tempat ini juga terdapat sebuah umbul yakni Umbul Nilo. Ukurannya memang tidak terlalu besar namun sudah cukup untuk menyegarkan diri

9. River Boarding di Kali Pusur

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Bagi Anda yang suka river boarding, wajib deh mencoba wisata air di Klaten yang satu ini. Namanya River Boarding Kali Pusur. Di sungai ini, Anda bakal melintasi tiga desa di Kecamatan Tulung dan Polanharjo, Klaten sejauh 10 kilometer.

Anda bakal merasakan sensasi mengarungi sungai dengan arus sungai yang bervariasi, ada kalanya deras, jeram dan pelan. Tapi jangan khawatir, setiap pengarungan boarding bakal didampingi dua orang operator.

Untuk sanggup menikmati keseruan river boarding ini, Anda perlu menyediakan uang Rp 150.000/orang. Tempat wisata ini letaknya tak jauh dari wisata air Cokro Tulung. Tak kalah seru deh bila dibandingkan dengan cave tubing Goa Pindul atau Kali Suci di tempat tempat wisata Jogja.

10. Umbul Jalatunda

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Kabupaten Klaten nampaknya memang surganya wisata air. Salah satu objek wisata air yang unik yaitu Umbul Jalatunda. Disini Anda sanggup berenang di kolam pemandian yang luas ditemani ikan-ikan kecil.

Konon tempat ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1924 sehingga belum banyak mengalami perubahan, yakni terdapat beberapa kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda dan masing-masing kolam dipisahkan dengan dinding batu. Kolam pemandian ini terletak di Kecamatan Jatinom, tepatnya di 10 kilometer utara Kota Klaten. Anda sanggup menikmati kesejukan air yang terus mengalir dengan tiket masuk yang murah meriah yaitu Rp 3.000,-.

11. Umbul Kapilaler

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Lokasi Umbul Kapilaler berada di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo. Objek wisata ini yaitu tempat pemandian putri yang masih dipakai masyarakat setempat untuk mandi.

Dasar kolam ini masih berupa kerikil dan tanah. Umbul ini berada di erat sumber mata air Si Gedang yang juga dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan air minum untuk dikemas menjadi air minum kemasan.

Umbul Kapilaler ini tidak terlalu besar. Berada di bawah rerimbunan pohon beringin dengan batu-batu besar dipinggirnya. Tempatnya yang rindang menciptakan wisatawan betah untuk berlama-lama disini.

Tidak dipungut biaya khusus untuk menikmati umbul ini alias gratis. Hanya saja waktu sore dan pagi hari umbul ini dipakai masyarakat setempat untuk mandi.

12. Lepen Kencono

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata anak di Klaten, coba deh tiba ke Lepen Kencono. Obyek wisata ini boleh dibilang ramah keluarga dan anak-anak.

Kabar terbaru malahan, Anda tidak dipungut biaya sepeser pun alias cuma-cuma. Selain airnya yang jernih, ada beberapa jenis permainan di Lepen Kencono, sebut saja slider, jembatan goyang, dan tubbing anak.

13. Candi Merak

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Candi Merak terletak di punggung Merapi, tepatnya di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko. Candi ini yaitu candi Hindu yang ditemukan pada tahun 1925. Karena dulu di sekitar tempat ini terdapat sarang burung Merak, alhasil candi ini dinamai Candi Merak.

Nah, Anda tentu tak perlu berdesak-desakan dengan pengunjung lain untuk menikmati keindahan candi yang tersembunyi ini alasannya yaitu relatif masih jarang dikunjungi.

14. Candi Plaosan

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Candi yang bercorak agama Budha di Klaten ini, memang sedang naik daun sebagai tempat anak muda untuk berfoto ria. Bahkan sekelas artis Pevita Pearce pun, pernah tiba dan memotret candi yang anggun ini di Instagramnya.

Anda sanggup menikmati Candi Plaosan ini sebagai latar fotomu ketika waktu senja tiba. Percaya deh! Hasil fotonya akan lebih menarik dan begitu epik! Jadi, jangan ragu buat Anda untuk tiba ke candi eksotis ini.

15. Makam Sunan Pandanaran / Makam Tembayat

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Nah, bagi Anda yang suka wisata religi sanggup mencoba mengunjungi Makam Sunan Pandanaran. Yang akan kita datangi kali ini memang sebuah makam, tapi bukan sembarang makam. Terletak di Desa Paseban, Kecamatan Bayat.

Makam Tembayat yaitu tempat peristirahatan terakhir dari Sunan Bayat atau yang dikenal juga dengan nama Ki Ageng Pandanaran, salah satu tokoh penyebar agama Islam yang juga yaitu murid dari Sunan Kalijaga.

Yang menarik, makam ini berada di lingkungan yang asri diatas perbukitan Gunung Jabalkat. Kompleks pemakaman ini yaitu salah satu yang termegah di era Kerajaan Mataram.

Untuk hingga ke puncaknya, Anda mesti menapaki 250 anak tangga dan melewati gapura yang kental dengan nuansa Hindu—yang memperlihatkan peralihan budaya Hindu ke Islam.

16. Pusat Kerajinan Tanduk Kerbau

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Tertarik dengan kerajinan tangan yang unik? Blusukan aja ke Desa Wisata Keprabon yang terletak di Kecamatan Polanharjo. Desa ini yaitu pusat kerajinan tanduk kerbau dan penyu.

Anda tak hanya sanggup melihat-lihat dan berbelanja cenderamata, tapi juga sanggup mengamati eksklusif proses pembuatannya.

17. Puncak Clongop

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Puncak Clongop gotong royong masuk ke dalam wilayah Watugajah, Gedangsari, Gunung Kidul. Tapi, jikalau Anda dari Jogja atau Solo, susukan kemari lebih gampang ditempuh dari Klaten melewati jalan penghubung Klaten–Gunung Kidul. Melewati Bayat, sepanjang jalan Anda akan menemukan beberapa tempat menarik, seperti, Curug Luweng Sampang dan Curug Indah.

Untuk mencapai Puncak Clongop, Anda mesti melalui jalan menanjak yang cukup curam. Hati-hati, pakai kendaraan yang "sehat" dan "powerfull" kalau mau ke sini. Di Puncaknya, Anda akan menemukan panorama pegunungan dan kota Klaten di kejauhan.

18. Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo gotong royong merupakan kemudahan kolam renang yang disediakan oleh Hotel Galuh Prambanan. Lokasinya terletak di Jl. Manisrenggo, KM 1, Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah 57454.

Namun tempat ini sudah dikembangkan oleh pengelola untuk masyarakat luas sebagai wisata anak dan keluarga yang mengasyikkan. Anda dan keluarga sanggup berenang di tempat ini dengan banyak sekali permainan air yang beragam. Di lokasi ini sanggup dikatakan sebagai mini waterboom, sehingga banyak orang yang tiba ke lokasi ini.

19. Warung Apung Rowo Jombor Klaten

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Setelah menjelajahi aneka tempat wisata di Klaten yang bagus dan eksotis, saatnya Anda merasakan aneka masakan Klaten. Nah, salah satu tempat wisata masakan di Klaten yang enak, terkenal, dan wajib dikunjungi yaitu Warung Apung Rowo Jombor Klaten. Disini menyajikan aneka kuliner dengan materi dasar ikan air tawar.

Lokasinya ada di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten, atau berjarak sekitar 6 – 8 km dari kota Klaten. Untuk mencapai Rawa Jombor Klaten, ada dua rute yang sanggup dilalui yaitu lewat jalur barat dan juga lewat jalur timur.

Rute lewat jalur barat: Kota Klaten – pertigaan Bendogantungan Desa Sumberejo, belok kiri / ke arah selatan – Desa Danguran – Desa Glodogan – Desa Jimbung – Rowo Jombor. Rute Lewat jalur timur: Kota Klaten – Stasiun Klaten – By Pass – belok kanan / ke arah selatan – Terminal Klaten yang bari dibangun — Kelurahan Buntalan – Desa Jimbung – Rowo Jombor.

20. Sop Ayam Pak Min Klaten

 yang paling bagus dan menarik untuk dikunjungi 20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah

Pariwisata Klaten tentu tidak lengkap tanpa mampir ke Sop Ayam Pak Min sangat terkenal. Bahkan cabang di mana-mana, di luar menyerupai Jogja Klaten. Masuk untuk berbelanja di sini benar-benar terasa paket menyerupai Min di desa, warung masih menggunakan bambu sebagai tiang bambu dan dinding, masih sangat tradisional.

Tapi jangan salah, pengunjung di sini adalah benar-benar ramai bahkan bersedia makan Lesbian di trotoar dilapisi dengan tikar, untuk lebih rileks kata mereka. Memesan hidangan ayam sup kewajiban sini, alasannya adalah bahwa itu adalah satu-satunya hidangan tersedia di sini.

Ada beberapa pilihan ayam bab, mampu menentukan daging, uritan, kulit, cakar, kepala, sayap, dan ati ampela bruthu. Semangkuk nasi putih dan semangkuk daging ayam sup disajikan secara terpisah. Sup ayam dengan kaldu jelas disajikan dengan rasa yang sangat ringan dan segar.

Bagian tidak terlalu besar tapi cukup mengisi, dan lagi harganya relatif murah bila dibandingkan dengan kualitas yang diperoleh rasa. Ingin tahu? Anda bisa mencoba untuk tiba di salah satu cabang di Jl. Mayor Kusmanto tidak ada. 23 Klaten.

Sekian informasi tentang destinasi wisata yang menarik di Klaten, yuk berkunjung ke Klaten.

0 Response to "20 Tempat Wisata Yang Menarik Di Klaten Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel