17 Pantai Hits Di Jogja Yang Paling Indah Dan Belum Terjamah - Aneka Wisata Indonesia

Jumat, 16 Agustus 2019

17 Pantai Hits Di Jogja Yang Paling Indah Dan Belum Terjamah

Pantai Di Jogja - Sobat traveler, inilah rekomendasi pantai gres di Jogja yang paling indah dan belum terjamah oleh banyak wisatawan. Mulai dari pantai-pantai tersembunyi berpasir putih hingga pantai hits yang cocok untuk camping anak muda ada semua disini.
Kawasan Provinsi Yogyakarta penggalan selatan terutama Gunung Kidul dan Bantul memang kaya akan deretan pantai bagus nan eksotis. Hempasan gelombang yang besar, pasir putih, kerikil karang yang terjal, hingga bioata bahari yang unik menjadi daya tarik tersendiri pantai-pantai disini.

Nah, bagi kau yang ngaku pecinta pantai, rasanya tidak sah kalau belum mengunjungi tempat wisata pantai terindah yang ada di daerah Jogja penggalan selatan ini. Oleh sebab itu, segera agendakan liburanmu ke sini ya gaes, rugi banget deh kalau ke kota Gudeg tanpa menikmati keindahan pantainya.

Daftar Pantai Baru Di Jogja Yang Paling Indah Dan Belum Terjamah

1. Pantai Wohkudu

pantai gres di Jogja yang paling indah dan belum terjamah 17 Pantai Baru Di Jogja Yang Paling Indah Dan Belum Terjamah
(Foto via yogyafoto.blogspot.co.id)
Pantai Wohkudu adalah pantai baru yang cocok untuk berkemah di Jogja, terutama untuk pelancong muda. Pantainya memang relatif kecil, tetapi keindahan dan suasananya yang tenang akan membuat Anda merasakan rasanya seperti berada di pantai pribadi.

Pantai ini diapit oleh 2 bukit dan memiliki pasir putih hingga padang rumput yang cukup luas. Tak ayal, pemandangan di sini sangat indah memanjakan mata. Bahkan, keindahan Pantai Wohkudu akan mampu membuat Anda betah berlama-lama menikmati deburan ombak dan suara angin.

Alamatnya di Nglaos, Dusun Wiroso, Girikarto, Panggang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk ke Pantai Wohkudu sekitar 3 ribu rupiah dan parkir 2 ribu rupiah. Bagi Anda yang akan datang ke sini, Anda harus membawa persediaan kuliner dan minuman karena di pantai tidak ada yang berjualan.

2. Pantai Kesirat
17 Pantai Hits Di Jogja Yang Paling Indah Dan Belum Terjamah
Pantai Kesirat | foto via : piknikdong
Berbeda dengan sebagian besar pantai indah di Gunung Kidul yang berpasir putih, Pantai Kesirat menawarkan pesona instagenik dari tebing kerikil karang. Dari pantai, Anda bisa menyaksikan air biru laut dan suara ombak menghantam karang. Pantai ini juga dikenal sebagai salah satu tempat memancing di Jogja karena merupakan surga bagi ikan besar. Dilaporkan bahkan menurut para pemancing, hiu berbintik, paus dan lumba-lumba sering terlihat ketika demam masalah migrasi tiba di sini.
Pantai yang terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul ini juga asik untuk menyapu dan menyaksikan matahari terbenam. Harga tiketnya cukup murah, hanya 5 ribu rupiah, parkir motor 2 ribu rupiah, dan parkir kendaraan roda empat sekitar 5 ribu rupiah.

3. Pantai Sinden dan Pulau Kalong
17 Pantai Hits Di Jogja Yang Paling Indah Dan Belum Terjamah
Pantai sinden dan pulau kalong | via: Ardian Kusuma
Berbagai tempat rekreasi di Jogja tidak ada habisnya, pantai eksotis lain di sini untuk menemani liburan Anda, yaitu Pantai Sinden dan Pulau Kalong. Lokasi berada di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sama seperti Pantai Kesirat, di sini juga Anda tidak akan menemukan pasir putih karena Pantai Sinden adalah jenis pantai tebing. Namun, ada tempat unik di sini yang tidak dapat Anda temukan di pantai lain, yang disebut Pulau Kalong.

Sesuai namanya, Pulau Kalong memang dihuni oleh sejumlah kelelawar (baca: kelelawar). Untuk mencapai pulau ini, Anda harus menggunakan "luncur layang" atau jembatan kayu sederhana yang mirip dengan Pantai Timang. Jadi, uji betis dan rangsang adrenalin Anda. Jadilah ekstra hati-hati!

4. Pantai Cemara Sewu
Pantai Cemara Sewu | via : berkeliling.com
Mendengar namanya, tentu Anda bisa menebak bahwa pantai ini akan ditemukan di pohon cemara kan? Ya, benar-benar gaes, Pantai Cemara Sewu memiliki semacam hutan hijau yang indah dan indah. Hamparan biru laut yang luas dengan pasir hitam kecoklatan dan pohon-pohon pinus yang teduh di sini adalah daya tarik utama bagi para wisatawan. Tidak hanya itu, suasananya yang sepi karena masih jarang dikunjungi membuat Anda akan merasa nyaman berlama-lama menikmati semilir angin pantai di sini.

Tak heran jika Pantai Cemara Sewu masuk dalam daftar tempat wisata paling indah di Bantul yang wajib dikunjungi. Pantai ini juga cocok sebagai tempat prewedding foto di Jogja karena hutan pinus di sini benar-benar instagramable. Lagi pula, jika Anda tertarik dengan Pantai Cemara Sewu, alamatnya ada di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Fasilitas yang tersedia di pantai ini tidak mengecewakan lengkap, mirip dengan Gazebo, Selfie Bridge, dan kios jajanan.

Untuk harga tiket masuk, itu adalah retribusi dengan Pantai Parangtritis. Jangan lupa persiapkan kamera dengan baterai penuh, sehingga Anda bisa puas narsis atau selfie.

5. Pantai Watulawang
credit foto: eksotisjogja.com
Bagi Anda yang mencari tempat wisata baru di Jogja yang menjadi hits, Pantai Watulawang bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai ini menunjukkan keindahan panorama batu koral dengan pasir putih. Dinamakan Watulawang karena memang ada sebuah gua berjuluk Watulawang yang digunakan untuk upacara moral kesadaran masyarakat setempat. Pantai timur gua terlihat lebih luas dari bagian barat gua dan sering digunakan untuk olahraga air.

Alamat pantai ini berada di Kecamatan Tepus, Daerah Istimewa Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Fasilitas yang tersedia tidak mengecewakan meskipun masih sederhana, seperti kamar mandi, warung makan dan minuman, tempat parkir dan tempat berlindung.

6. Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung terletak di Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengunjungi pantai ini, Anda akan disuguhi deretan kerikil, tebing, dan ombak besar mirip dengan pantai-pantai di Kebumen dan wilayah pesisir lainnya di Pulau Jawa.

Ada tempat unik yang menarik perhatian wisatawan, yaitu gugusan kerikil koral layaknya lumbung (baca: tempat menyimpan beras). Mungkin itu sebabnya pantai yang indah ini disebut Watu Lumbung. Pemandangan matahari terbenam di sini juga indah, sayang kalau dilewati begitu saja. Rute menuju ke lokasi Pantai Watu Lumbung cukup sulit, dari tempat parkir Anda masih harus trekking menuruni bukit menuju pantai. Mungkin karena medan yang sulit, pantai ini jarang dikunjungi wisatawan.

7. Pantai Jungwok

Pantai lain di Jogja yang keren untuk berkemah adalah Pantai Jungwok. Terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya sekitar 500 meter dari Pantai Wediombo yang juga merupakan lokasi favorit bagi kamp dewasa muda.

Pantai Jungwok memiliki garis pantai melengkung dengan pasir putih lembut. Anda juga dapat bertemu pencari lobster di sini Anda tahu. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat jumlah ikan yang berenang bebas ke sana kemari menghiasi perairan jernih di perairan laut di sini. Bukankah itu keren?

8. Pantai Ngandong

Tidak kalah dengan deretan pantai indah di Bali dan Pulau Lombok, Jogja juga memiliki sejumlah pantai eksotis yang tersembunyi dengan baik. Salah satunya adalah Pantai Ngandong, yang terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai ini memang tidak begitu terkenal dengan Pantai Siung atau Indrayanti, namun pesona pantai ini patut disandingkan dengan kedua pantai tersebut. Setelah Anda tiba di sini, Anda akan disambut dengan pasir putih, laut biru dan ombak pantai yang relatif tenang.

Di kanan dan kiri, Anda dapat melihat bukit kerikil karst yang indah. Warna hijau di bukit tampaknya menjadi pemandangan yang bagus jika dikombinasikan dengan pasir putih dan laut biru. Batu-batu yang terletak di lepas pantai akan semakin menarik bagi Anda untuk segera membuka lensa kamera.

9. Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput adalah pantai pasir putih yang terletak di bawah Bukit Kosakora. Jadi, ketika Anda berkunjung ke sini, Anda dapat mengunjungi Bukit Kosakora, yang sekarang menjadi tempat untuk foto-foto IG kontemporer.

Secara administratif, pantai ini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Ngrumput memiliki beberapa titik tebing tinggi, lorong gua dan kerikil koral berongga (baca: berlubang).

Suatu hal yang menarik yang harus Anda lihat adalah ketika ombak datang dan melewati lubang yang cukup besar di tepi batu berlubang. Untuk bisa sampai ke Pantai Ngrumput, Anda harus mulai melalui Pantai Drini. Anda harus berjalan sekitar 20-30 menit.

10. Pantai Pok Tunggal

Tidak ada keraguan bahwa keindahan pantai Gunungkidul tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai indah di Malang, Jawa Timur. Sebut saja Pantai Pok Tunggal dengan pasir putih dan matahari terbenam yang tenang.

Pohon Duras yang ikonik (baca: Pok) dan tebing-tebing yang membatasi, membuat pantai ini semakin indah. Tidak diragukan lagi, siapa pun yang tiba di sini akan merasa di rumah untuk waktu yang lama menikmatinya.

Pantai yang terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini memiliki pantai yang landai sehingga cukup kondusif untuk bermain air. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, seperti gazebo atau payung, toilet, dan warung-warung yang menjual kuliner dan minuman.

11. Pantai Peyuyon

Pantai Peyuyon adalah salah satu tempat wisata tersembunyi di Gunung Kidul karena belum banyak turis yang tahu. Hamparan pasir putih tidak terlalu luas, tetapi keindahan dan keindahan menciptakan siapa pun akan dibius olehnya.

Lokasi pantai yang masih "perawan" atau "perawan" ini terletak di Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pasir pantai masih sangat bersih, airnya bening kebiruan, dan di dalamnya berbagai jenis ikan kecil berenang.

Anda juga akan menemukan cukup banyak pohon pandan yang menghiasi Pantai Peyuyon. Dua tebing kokoh di kanan dan kiri menciptakan suasana yang tidak begitu panas saat matahari bersinar. Tempatnya juga enak untuk pencampuran cowok.

12. Pantai Watu Kodok

Daya tarik pantai baru di Yogyakarta ini terletak di hamparan pasir putih dan terumbu karang di sepanjang pantai. Dikatakan bahwa nama Pantai Watu Kodok dikatakan karena adanya kerikil karang di sini yang berbentuk seperti katak.

Terletak di Banjarejo, Desa Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Watu Kodok menawarkan pemandangan alam yang indah yang tenang, jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Bagi Anda yang akan datang ke sini, Anda harus membawa persediaan yang sangat mirip dengan alat untuk duduk, makanan, dan minuman karena fasilitasnya masih sangat minim.

13. Pantai Sadranan

Siapa bilang di Jogja kamu tidak bisa snorkeling? Ada pantai yang indah yang sangat bagus untuk snorkeling saat berlibur. Itu disebut Pantai Sadranan, terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Mencari tempat snorkeling dan menyelam di wilayah Yogyakarta agak sulit, mengingat pantai di sini memiliki karakteristik ombak yang sangat besar dan ganas. Namun, ombak di Pantai Sadranan tampaknya dekat dengan snorkeling.

Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang dan ikan kecil di sini. Meski tidak seindah terumbu karang di Kepulauan Seribu dan Karimunjawa, rasanya cukup hanya dengan merasakan sensasi snorkeling. Di pantai ini, Anda juga dapat menikmati pasir putih dan keindahan senja di mempesona. Harga tiket masuk adalah sekitar 10 ribu rupiah. Bagi Anda yang ingin menyewa alat snorkeling, Anda harus menyediakan anggaran sekitar 50 ribu rupiah untuk menyewa peralatan.

14. Pantai Ngeden

Masih di kawasan Gunung Kidul, tepatnya di Krambil Sawit, Sapto Sari, ada satu lagi pantai baru yang tidak kalah indahnya dibandingkan dengan pantai-pantai yang disebutkan di atas, yaitu Pantai Ngeden. Pantai ini menunjukkan hamparan pasir putih yang higienis dan alami. Diapit oleh dua tebing kokoh, menciptakan Pantai Ngeden atau yang sering disebut Ngedan menjadi semakin eksotis. Seolah-olah seperti pantai pribadi kecil.

Garis pantainya tidak begitu luas dan masih dipenuhi karang, menciptakan kesan alami yang benar-benar terasa di sini. Selain itu, tempat ini juga dikatakan bisa spot memancing karena berbatasan langsung dengan perairan laut dalam yang biasanya kaya ikan.

15. Pantai Sedahan

Bagi Anda yang mencari pantai baru di Jogja untuk berkemah, Pantai Sedahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Hamparan pasir putih dan tebing hijau yang mengelilinginya membuat pantai ini asyik bercampur dengan teman. Menimbang bahwa tidak ada fasilitas yang memadai, jika Anda ingin datang ke sini untuk menyegarkan atau berkemah, Anda harus membawa persediaan yang sangat mirip dengan makanan, minuman, tenda, peralatan memasak, tikar, dan lampu.

Untuk alamat lengkap Pantai Sedahan terletak di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Kondisinya masih sepi dan tidak banyak wisatawan berkunjung ke sini. Jadi, pantai ini masih benar-benar dijaga keindahannya.

16. Pantai Ngetun

Ada lagi pantai kecil yang menyenangkan yang belum disentuh oleh banyak wisatawan, yaitu Pantai Ngetun. Lokasi berada di Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Keunikan dan keistimewaan Pantai Ngetun terletak di hamparan pasir putih yang higienis dan pemandangan bukit atau tebing hijau yang mengelilinginya. Jika dilihat dari atas bukit, pantai ini terlihat seperti teluk kecil yang indah.

Akses jalan ke Pantai Ngetun cukup sulit karena jalannya masih berbatu dan belum diaspal. Pastikan kondisi fisik Anda dan kendaraan Anda dalam kondisi prima sebelum berkunjung ke sini. Karena papan tanda relatif kecil, alangkah baiknya jika Anda bertanya kepada penduduk setempat jika bingung.

17. Pantai Butuh
17 Pantai Hits Di Jogja Yang Paling Indah Dan Belum Terjamah
Pantai butuh | via: liburmulucom
Bagi Anda yang membutuhkan kedamaian alami untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas harian Anda, Pantai Need yang terletak di Krambilsawit, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul dapat menjadi alternatif yang tepat untuk liburan Anda.

Pantai berpasir putih yang indah ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan, tidak heran jika suasana hening dan tenang begitu terasa di sini. Anda hanya akan ditemani oleh suara angin laut dan ombak pantai. Diapit oleh dua kerikil karang besar, menciptakan Kebutuhan pantai seakan tersembunyi dari pandangan banyak orang. Untuk menikmati kedamaian di sini, Anda hanya akan dikenai biaya sekitar 10 ribu rupiah per orang. Murah bukan?

Nah, tadi itu deretan pantai indah yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Keindahannya benar-benar berlebihan, kan? Ini kerugian jika Anda melewatkan satu pantai pun! Bagi Anda yang memiliki informasi terbaru tentang pantai-pantai baru di Jogja yang lebih populer, dapat menambahkannya melalui kolom komentar. Terima kasih

tag: pantai hits, pantai masih alami, pantai instgramable
Comments


EmoticonEmoticon