Inilah 10 Daftar Daerah Wisata Alam Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi - Aneka Wisata Indonesia

Rabu, 31 Juli 2019

Inilah 10 Daftar Daerah Wisata Alam Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Alam Di Bandung - Ada aneka macam tempat wisata alam di Bandung yang menarik untuk dikunjungi. Bandung mempunyai keindahan alam yang begitu tepat sehingga sangat sayang bila dilewatkan begitu saja. Tak heran bila banyak wisatawan yang mengakibatkan Bandung sebagai destinasi liburan ketika weekend.

Udaranya yang sejuk dan panorama alamnya yang indah menciptakan objek wisata di Bandung menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat sehabis bekerja seharian. Bagi Anda yang ingin mencicipi keindahan alam Bandung, Plesir Area telah menyiapkan 10 tempat wisata alam di Bandung yang indah mempesona, dari mulai wisata alam yang paling terkenal hingga yang belum terjamah.

Tempat Wisata Alam Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi Dan Menarik

1. Curug Malela Bandung

 Bandung mempunyai keindahan alam yang begitu tepat sehingga sangat sayang bila dilewatk 10 Tempat Wisata Alam Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Ini beliau tempat wisata alam di Bandung yang belum terjamah dan jarang dikunjungi yaitu Curug Malela Bandung. Tidak ada banyak orang yang tahu bahwa Curug Malela ini ialah salah satu curug yang terindah di Bandung. Curug Malela yang dalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Malela, terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga – Gununghalu Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Curug Malela ialah salah satu wisata alam yang terbaik yang pernah ada. Selain udaranya yang sejuk, objek wisata alam Bandung ini juga menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan sangat sayang untuk dilewatkan. Perjalanan yang ditempuh juga akan menyajikan pemandangan yang sangat asri dan berbeda dari tempat wisata yang lainnya di Bandung.

Ciri khas dari curug yang satu ini ialah penderasan yang jatuh menjadi terpisah. Air terjun ini mempunyai lima jalur dengan ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter. Jika Anda tiba pada pagi hari sekitar pukul 8 hingga pukul 9 pagi, Anda sanggup melihat pelangi atau katumbiri (dalam Bahasa Sunda) di tubuh curug. Hal inilah yang kemudian banyak orang menyebut air trejun ini sebagai penderasan pelangi atau Curug Katumbiri.

2. Kawah Putih Bandung

Kalau yang ini termasuk tempat wisata alam di Bandung yang paling terkenal yaitu Kawah Putih Bandung atau sering disebut Kawah Putih Ciwidey. Kawah Putih terletak di Ciwidey, sebuah daerah di sebelah selatan Bandung. Berjarak sekitar 50 KM dari sentra kota Bandung, Kawah Putih sanggup dicapai dengan gampang alasannya ialah sudah ada jalan yang memadai untuk pengendara kendaraan pribadi, serta tersedia juga kendaraan umum bagi mereka yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Kawah Putih menyampaikan sebuah pengalaman menikmati tempat wisata alam di Bandung yang tiada duanya. Dengan udara yang masbodoh dilengkapi dengan pemandangan kawah bertanah putih, Kawah Putih Ciwidey tidak akan mengecewakan pengunjungnya. Selain itu, warna air yang ada di Kawah Putih juga sanggup berubah-ubah seiring dengan perubahan cuaca dan suhu. Suasana unik juga sanggup tercipta dari ketebalan kabut yang berubah-ubah setiap beberapa menit.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang paling populer dan ramai pengunjung. Alasan dibalik ramainya tempat wisata alam ini ialah alasannya ialah keindahan yang ditawarkannya, serta fasilitas untuk mencapai lokasi. Berlokasi hanya sekitar 20 KM di sebelah utara Bandung, Tangkuban Perahu ialah salah satu penyebab kemacetan di Lembang.

Bentuk gunung ini memanjang ibarat sebuah bahtera yang terbalik. Uniknya gunung ini mempunyai tiga buah kawah yakni Kawah Upas, Kawah Domas, dan Kawah Ratu. Kawah Ratu ialah kawah yang paling besar sekaligus paling populer. Kawah-kawah yang ada di gunung Tangkuban Perahu sering dijadikan background foto pre-wedding oleh pasangan muda di Bandung yang hendak menikah.

Karena gunung ini masih aktif, Anda sangat disarankan untuk mengenakan masker ketika berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu untuk mencegah gas sulfur masuk ke hidung. Jika Anda lupa membawa masker dari rumah, di tempat transit shuttle sanggup Anda jumpai banyak penjual masker.

4. Situ Patenggang

Situ Patenggang atau Situ Patengan ialah salah satu objek wisata alam di Bandung yang terkenal, terutama bagi para pecinta danau. Asal nama danau Situ Patenggang ialah dari bahasa Sunda yang berarti ‘saling mencari’. Kata ‘saling mencari’ ini bukanlah kata sembarangan alasannya ialah ada sebuah kisah yang menyampaikan bahwa dulunya ada sepasang kekasih yang terpisah. Mereka saling mencari hingga balasannya bertemu di tempat ini.

Menariknya, di Situ Patenggang terdapat sebuah pulau dengan bentuk hati. Pulau ini dinamakan sebagai Pulau Asmara, atau sering disebut juga dengan nama Pulau Sasaka. Selain itu, di danau ini juga terdapat sebuah kerikil yang disebut sebagai kerikil cinta.

Danau Situ Patenggang berlokasi di sebelah selatan Bandung, tidak jauh dari tempat wisata alam lainnya di Bandung, yaitu Kawah Putih Ciwidey. Karena lokasinya yang berdekatan, biasanya pengunjung akan mengunjungi kedua tempat wisata alam ini sekaligus dalam 1 hari.

5. Bukit Moko

Bukit Moko ialah tempat wisata alam di Bandung yang terbaik untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pegunungan di Bandung. Tempat wisata alam yang disebut-sebut sebagai tempat tertinggi di Bandung ini selalu ramai dikunjungi warga Bandung dan sekitarnya setiap final pekan.

Di tempat ini, terdapat sebuah warung yang cukup terkenal dengan sebutan Warung Daweung. Warung ini bukan sembarang warung alasannya ialah menyampaikan pemandangan kota Bandung dari atas, dilengkapi dengan udara sejuk dan minuman hangat sehingga dengan cepat menjadi lokasi favorit warga Bandung untuk bersantai.

Untuk sanggup mencapai Bukit Moko yang berlokasi di Desa Cimenyan, Anda harus memakai kendaraan pribadi alasannya ialah tidak ada kendaraan umum yang melintas di daerah ini. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati berkendara di jalur ini terutama pada ketika hujan, alasannya ialah jalan yang akan Anda lalui terjal dan berkelok-kelok.

6. Maribaya

Maribaya yang berlokasi di Lembang, kurang lebih sekitar 22 KM dari sentra kota Bandung, ialah sebuah tempat wisata alam yang terkenal dengan sumber mata air panas belerang. Seperti di Tirta Sanita Ciseeng, sumber mata air panas sulfur di tempat wisata ini juga dipercaya sanggup menyembuhkan aneka macam penyakit dan juga sanggup menciptakan kulit menjadi mulus.

Selain terkenal dengan mata air panasnya, tempat wisata alam di Bandung ini juga disukai alasannya ialah menyampaikan wisata alam lain berupa penderasan dan taman. Salah satu kegiatan wisata favorit di Maribaya selain berendam air panas alami ialah trekking.

7. Dago Pakar

Dago Pakar ialah satu tempat wisata alam di Bandung yang sudah sangat terkenal di Bandung, letaknya ada di sebelah utara kota Bandung di Jalan Ir. H. Djuanda. Dago Pakar menyajikan pemandangan alam yang indah alasannya ialah tempat ini merupakan salah satu hutan yang masih bertahan di kota Bandung.

Kondisi udara di Dago Pakar sangat sejuk, dilengkapi dengan pemandangan indah pohon-pohon besar yang tumbuh rindang, menyampaikan suasana yang sangat damai di sana. Di Dago Pakar anda juga sanggup menikmati pemandangan kolam ikan yang besar yang terlihat natural.

Adanya Wisata Alam Dago Pakar ini bukan semata-mata digunakan untuk mendapat laba finansial saja, alasannya ialah selain digunakan sebagai tempat wisata, Dago Pakar juga digunakan sebagai tempat konservasi tanaman dan fauna di kota Bandung. Dan juga sebagai tempat pendidikan dan penelitian botani, serta tempat rekreasi alam terbuka.

8. Situ Lembang

Tempat wisata alam di Bandung yang wajib dikunjungi selanjutnya ialah Situ Lembang. Situ Lembang sebetulnya ialah sebuah danau buatan biasa. Namun karna lokasinya dikelilingi oleh pegunungan maka suasana di danau ini terasa berbeda yaitu alami dan menyegarkan.

Berada di danau ini kau akan serasa berada di danau Ranu Kumbolo gunung Semeru. Lokasi danau ini berada pada ketinggian 1.567 mdpl. Untuk yang mempunyai hobby memancing, Situ Lembang ialah tempat yang sangat pas untuk memuaskan hobby tersebut.

Air yang ada di danau ini berasal dari fatwa sungai Cimahi dan beberapa sumber lainnya. Dari pinggiran danau ini Anda sanggup menyaksikan keindahan pemandangan Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu. Situ Lembang juga tempat yang asyik untuk menyepi dan mencari inspirasi.

9. Taman Hutan Jaya Giri

Penggemar hiking tak boleh melewatkan tempat wisata alam di Bandung yang satu ini ketika sedang di Lembang. Hutan Jayagiri ini merupakan sebuah jalur pendakian ke Gunung Tangkuban Perahu. Mereka yang hobby hiking biasanya lebih menentukan trekking melalui jalur ini ketika hendak ke Gunung Tangkuban Perahu

Hutan Jayagiri dipenuhi oleh pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Trekking di hutan Jaya Giri merupakan pilihan wajib bagi Anda yang suka naik gunung. Hutan ini juga sering dijadikan medan mountain biking alasannya ialah tracknya sangat menantang. Trekking di hutan Jayagiri akan menjadi pengalaman yang seru apalagi bila dilakukan bersama teman-teman. Pasti bakalan memorable banget.

10. Tebing Keraton

Tebing Keraton di Bandung memang sungguh indah. Jika berkunjung ketika pagi hari, kabut masih terlihat menyelimuti tebing ini. Indahnya bagaikan negeri di atas awan! Ingin menghabiskan final pekan di Bandung tapi tak mau kena macet? Silahkan berkunjung ke Tebing Keraton. Inilah salah satu lokasi wisata alam yang belum usang ini jadi mainstream di kalangan pelancong.

Selayaknya wisata alam di Bandung yang lainnya, di tebing Keraton ini pengunjung niscaya berfoto dengan latar belakang hutan pinus dan perbukitan dengan aneka macam gaya. Pose yang paling terkenal ialah bangun di atas kerikil yang berada di tepi jurang. Tapi ingat! Harus tetap hati-hati, keamanan nomor satu. Saat yang tepat memang pagi hari alasannya ialah pribadi berhadapan dengan matahari dan seolah kita menyambut kehadirannya.

Jika Anda tiba di sore hari, maka Anda akan “mati gaya” alasannya ialah sunset tidak sanggup dinikmati alasannya ialah tertutup pepohonan dan gunung di wilayah Dago atas ini. Wisata ke Tebing Keraton ialah kegiatan kegiatan pagi hari untuk menikmati panorama alam yang indah di kota Bandung. Tebing Keraton berada di tempat taman hutan raya (Tahura) di wilayah Dago atas Bandung.

Bagiamana? Indah dan mempesona bukan wisata alam Bandung? Yuk, buruan atur rencana untuk menelusuri aneka tempat wisata alam di Bandung yang sejuk, indah, dan mempesona memikat hati. Oya, bila Anda punya info tempat wisata alam di Bandung yang wajib dikunjungi lainnya, silahkan sanggup share lewat kolom komentar, terima kasih.
Comments


EmoticonEmoticon